Membuat Dokumen HTML

RAHASIA DIBALIK SURFING

Ledakan pertumbuhan dari penggunaan Worl Wide Web relatif mencengangkan, apabila kita mengingat bagaimana revolusi yang terjadi dari awal, ketika komputer mulai populer.

Ketika Personal Computer pada era 1980-an membanjiri kantor dan rumah orang berbondong-bondong belajar menggunakannya, padahal tampilannya masih sangat sederhana sekali dibandingkan komputer yang digunakan pada saat ini.

Secara tiba-tiba, dengan berkembangnya teknologi yang mendukung internet ini, dengan cara sederhana orang sudah bisa membuat sesuatu halaman yang menakjubkan. Hasil dokumen yang dibuatnya menjadi lebih pintar dengan tampilan yang begitu menarik dan bisa berinteraksi dari satu dokumen dengan dokumen lain, yang dikenal dengan istilah Hypertext Mark-up Language (HTML).

HTML BUKANLAH SEBUAH BAHASA PEMROGRAMAN

Membuat homepage itu sulit nggak ya ? Mm, begini saja jawabannya, kalau seseorang pernah membuat sebuah dokumen dengan pengolah kata, seperti Microsoft Office Word, maka ia bisa membuat dokumennya menjadi sebuah halaman HTML.

HTML bukanlah merupakan sebuah bahasa pemrograman. Jadi, untuk membuat sebuah halaman tersebut, yang perlu ditambahkan adalah kemampuan untuk mengolah gambar, tentunya halaman-halaman yang dibuat akan lebih menarik jika mempunyai gambar. Kalau tidak bisa menggambar ? Ya sudah, cari dan ambil saja di internet gambar yang sesuai dengan kebutuhan waktu itu.

PRINSIP WEB DAN HTML

Seperti disebutkan di atas, HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman, melainkan merupakan bahasa pengkodea tampilan World Wide Web. Disamping sebagai perangkat lunak bagi web server dan client, HTML merupakan komponen penting untuk mengatur tampilan web, setiap halaman berikut pola hubungan antarhalaman dalam web ditulis dalam format HTML.

HTML berisi tanda-tanda (tag) yang mudah dipelajari seperti halnya pengolah kata. Setiap kali mengakses dookumen web, saat itu anda mengambil dokumen dalam format HTML. Hyperlink yang membimbing loncatan antar-hubungan satu halaman dengan halaman lainnya yang dibuat dengan HTML ini. Gambar warna warni, Applet Java, serta eksekusi askes database dirangkum dalam HTML.

FORMAT DASAR HTML

Dalam penulisan perintah HTML, tidak ada perbedaan antara huruf besar atau kecil. Setiap instruksi dimulai dengan perintah yang ada di dalam sebuah kurung siku, dan diakhiri dengan perintah di dalam kurung siku berikutnya yang diawali dengan tanda slash (/).

Contoh perintah dalam HTML :

<B> Deztafirst.com </B>

Dalam perintah tersebut, kata Deztafirst.com ditulis dengan cetak tebal, dimulai dari perintah <B> hingga akhir perintah cetak tebal tersebut, yaitu </B>. Jadi perintah slash atau garis miring adalah sebagai tanda akhir dari perintah yang bersangkutan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s