Memahami URL Untuk Mengakses Web

Untuk dapat mengakses suatu data/ file di internet, kita perlu memahami pengertian istilah URL. Apakah URL itu ?
URL (Uniform Resource Locator) data diartikan sebagai alamat suatu file di internet. File tersebut dapat berupa file halaman web (*.htm, *.html, dll), file gambar (*.jpg, *.bmp, dll), ataupun tipe file lain.
Bagaimanakah format penulisan URL secara lengkap ? Bentuk lengkap penulisan URL adalah sebagai berikut :

protokol://nama_host/path/nama_file

  • Protokol adalah jenis protokol yang akan digunakan, seperti http atau ftp.
  • Nama_host adalah nama host (domain) tempat file tersebut.
  • Path adalah lokasi/ direktori tempat file-file diletakkan pada web server.
  • Nama_file adalah nama file yang dipanggil.

Sebagai contoh URL http://www.deztafirst.com/berita/domain_baru.htm memiliki format seperti ini :

  • http adalah protocol yang digunakan.
  • Berita adalah path atau direktori yang dituju.
  • Domain_baru.htm adalah nama file yang diakses.

Untuk mengakses suatu file di internet, URL file tersebut kita ketikkan di address bar pada browser yang kita gunakan, kemudian klik tombol Go. Jika URL yang kita ketik hanya berisi protokol dan nama domain, maka halaman web yang tampil merupakan homepage (halaman utama) situs tersebut. Misalkan URL yang kita ketik adalah http://www.yahoo.com, maka tampilan halaman web yang terbuka beberapa saat kemudian adalah homepage domain yahoo.com. Pada browser-browser sekarang, protokol http dianggap sebagai protokol standar sehingga boleh untuk tidak dicantumkan pada saat menulis alamat di address bar untuk mengaksesnya. Jadi, untuk mengakses homepage Yahoo, kita cukup mengetikkan http://www.yahoo.com kemudian tekan enter, browser kita otomatis akan melengkapi penulisan URL tadi dengan menambahkan http:// di depannya.

Jika URL yang kita ketikkan cukup panjang, memuat path dan nama file, maka yang akan terbuka kemudian adalah halaman tertentu bagian situs web yang memerlukan waktu relatif lebih lama (mungkin perlu klik beberapa hyperlink) jika kita mulai mengaksesnya dari homepage situs tersebut.

Apakah perbedaan domain name dengan URL ?

Domain name hanya mengacu pada sistem penamaan alamat internet protokol, sedangkan URL adalah sarana untuk menentukan alamat yang akan kita pakai untuk mengakses suatu file internet. Sebagai contoh : domain name untuk situs http://www.yahoo.com adalah yahoo.com. Sedangkan alamat URL untuk homepage yahoo.com adalah http://www.yahoo.com.

Apa perbedaan antara Web site, Homepage dan Web page ?

  • Web site (situs web) adalah keseluruhan isi web server yang dimiliki oleh seseorang atau lembaga tertentu. Web site bisa diibaratkan sebagai sebuah buku yang terdiri dari halaman-halaman tertentu, termasuk cover, daftar isi, dan sebagainya.
  • Homepage adalah halaman utama sebuah web site. Bisa diibaratkan sebagai cover sebuah buku, atau ruang tamu sebuah rumah.
  • Web page adalah halaman tertentu yang terdapat di sebuah web site. Karena satu halaman web biasanya merupakan sebuah file, maka satu web page bisa juga disebut sebagai satu file HTML. File HTML adalah jenis file yang digunakan untuk menyimpan semua data yang akan diakses oleh internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s