Promosi Blog Gratis di WordPress.com

Blog tanpa pengunjung sama saja sayur tanpa garam. Sebagus apa pun tulisan di blog kita, jika tidak ada yang membaca tentu sia-sia. Apalagi jika blog kita mempromosikan sesuatu, jika tidak dilihat orang, apalah gunanya.

Lalu, bagaimanakah caranya agar blog kita dibaca orang, agar blog kita dikunjungi orang, agar blog kita dikenal orang ? Tentu promosi menjadi jawabannya. Bentuk promosi blog juga bermacam-macam, ada yang gratis ada yang bayar. Ada yang mudah ada yang sulit. Ada yang butuh waktu, ada yang tidak.

Promosi yang bayar, tentu saja dengan memasang iklan, membayar orang untuk mereview blog kita, dan sejenisnya. Ah, jika blog kita bukan blog bisnis, mending cari yang gratis aja, deh. Banyak kok caranya.

Promosi blog gratis yang umum digunakan adalah dengan blogwalking atau berkunjung ke blog lain dan meninggalkan komentar. Sertakan alamat blog kita sehingga pemilik blog yang dikunjungi (jika tergolong blogger yang tidak egois) bisa berkunjung balik ke blog kita. Ini membutuhkan waktu karena sebanyak kita berkunjung, sebanyak itu pula kita dapat kunjungan.

Yang ingin aku bahas disini adalah promosi blog secara gratis lewat wordpress.com. Bagaimana caranya? Sering-seringlah menulis artikel di blog wordpress anda (untuk wordpress.com), maka setiap selesai kita menulis, WordPress akan menyertakan link di Tulisan baru (latest post) di dashboard setiap pemilik blog wordpress. Semakin sering kita menulis, semakin sering kita “dipromosiin” oleh wordpress, jadi kemungkinan dapat kunjungan juga lebih besar.

Hanya saja perlu diingat bahwa cepatnya perkembangan dan banyak yang memposting artikel membuat tulisan baru kita terkadang hanya muncul beberapa saat saja. Aku pernah mengalaminya ketika baru mempublish artikel, muncul link tulisanku di list Tulisan Terbaru, eh beberapa menit kemudian sudah hilang dari daftar berganti dengan tulisan lain.

http://bel4j4r.wordpress.com/2009/05/01/promosi-blog-gratis-di-wordpresscom/

4 Responses to Promosi Blog Gratis di WordPress.com

  1. kalo buat blog jualan gimana caranya…kebetulan artkel kami banyak gambar saja….??? nuwun berat Gand….

  2. Werry pratama says:

    follow @KamusIdiot
    makasih😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s