Membuat Account Email

Posted on Updated on

Untuk dapat memiliki dan menggunakan e-mail di internet, ada tahapan penting yang harus kita lakukan, yaitu membuat account atau mendaftar pada server penyedia layanan e-mail.

 

Contoh pembuatan e-mail berbasis web (webmail) di situs Yahoo, yaitu sebagai berikut :

a.    Bukalah browser anda (Internet Explorer, Mozilla Firefox,  Google Chrome atau Maxtron). Kemudian ketiklah URL yahoo:  http://www.yahoo.com pada kotak addres bar.

b.    Kliklah icon Mail.

c.    Pada Yahoo Mail tersebut ada 2 pilihan untuk masuk ke alamat e-mail yahoo, yaitu Sign In dan Sign Up Now. Tombol Sign In untuk mereka yang sudah memiliki alamat e-mail yahoo atau terdaftar di yahoo mail, sedangkan tombol Sign Up Now untuk mereka yang sama sekali belum terdaftar di yahoo mail dan ingin mendaftar. Jika kamu belum terdaftar dan ingin mendaftar, kliklah tombol Sign Up Now.

d.    Model keanggotaan di yahoo mail ada 3 jenis, yaitu free yahoo mail; yahoo mail plus; dan yahoo personal address. Untuk yahoo mail plus dan personal addres kita harus membayar iuran setiap tahunnya, sedangkan free yahoo mail gratis. Pilihlah salah satunya, misalnya free yahoo mail dengan mengklik tombol Sign Up for Yahoo! Mail hingga tampil formulir pendaftaran.

e.    Jika proses pengisian formulir selesai, kliklah tombol I Agree. Apabila benar dan berhasil maka akan muncul tampilan yang menyatakan bahwa kamu berhasil melengkapi pendaftaran di yahoo mail. Dalam itu tertera Yahoo ID, alamat yahoo mail, dan alamat

e-mail alternative kamu (jika diisi). Alamat e-mail alternative itu adalah alamat e-mail selain di yahoo.

f.     Jika kamu gagal (salah) melengkapi formulir pendaftaran, maka yahoo mail akan menampilkan pesan kesalahan pengisian formulir.

g.    Kliklah tombol Continue to Yahoo!Mail jika kamu telah berhasil melengkapi formulir pendaftaran di yahoo mail. Kamu juga bisa mencoba membuat e-mail di Hotmail, Catcha, Lycos, dan sebagainya.

Setelah mengklik tombol Continue to Yahoo!Mail, kamu akan langsung di bawa ke inbox milikmu (kotak surat yahoo mail).

Leave a comment